Posted in Anime, Inuyasha, Review

Profil Kikyo


Nama : Kikyo
Umur : 18 (umurnya ketika tewas)
Keluarga : Kaede (adik)
Kekasih : Inuyasha
Admirer : Onigumo


Kikyo adalah miko (pendeta shinto wanita) berkekuatan spiritual hebat yang mampu mengalahkan banyak siluman dan menyucikan hawa jahat. Karena kemampuan itu ia dipercaya untuk memegang shikon no tama, bola yang dapat memberi kekuatan bagi siapa pun yang menggunakan, untuk tetap dijaga kesuciannya dan terhindar dari kejahatan.

Di sela-sela perjuangannya membasmi siluman jahat yang mencoba melawan, Kikyo juga menghadapi sorang hanyo(manusia setengah siluman) bernama Inuyasha yang hendak merebut shikon no tama karena ingin menggunakan bola kristal itu untuk berubah menjadi siluman sejati. Kikyo melihat kebaikan dalam diri hanyo yang bersifat kekanak-kanakan ini, sehingga tak pernah ada niat untuk saling melukai. Pertemuan demi pertemuan membuat mereka saling mengenal dan memahami keadaan satu sama lain, hingga kemudian tumbuh rasa cinta di antara keduanya. Kikyo pun menawarkan pada Inuyasha agar menggunakan shikon no tama untuk berubah menjadi manusia, lalu mereka hidup bersama sebagai manusia biasa, karena tanpa shikon no tama Kikyo akan menjadi manusia biasa yang tak memiliki kekuatan besar untuk melawan siluman. Inuyasha yang tak menduga gadis berhati mulia itu ternyata memiliki perasaan begitu kuat padanya, mencoba mempertimbangkan tawaran tersebut… hingga akhirnya menerima.

kikyo0Di sisi lain, Suatu waktu Kikyo menolong seorang perampok yang tubuhnya terbakar dan lumpuh sehingga hanya bisa terbaring di dalam sebuah gua. Setiap hari Kikyo ditemani adiknya Kaede yang masih kecil selalu mengunjungi, memberi makan dan mengurus pria bernama Onigumo (laba-laba setan) itu,hingga tanpa diduga ternyata menumbuhkan rasa ingin memiliki dalam hati Onigumo.
Bagai air susu dibalas dengan air tuba, Onigumo menyerahkan tubuhnya pada siluman demi mendapat kekuatan dan obsesi memiliki Kikyo. Karena kekuatan jahat ratusan siluman menguasainya, Onigumo seolah lahir kembali menjadi siluman kuat dan sangat licik bernama Naraku.

Tepat di hari perjanjian Kikyo dan Inuyasha menggunakan shikon no tama untuk mengubah Inuyasha menjadi manusia, yang muncul di hadapan Kikyo justru ‘Inuyasha’ yang tanpa ragu menyerang dengan cakarnya dan merebut shikon no tama dari Kikyo. Kikyo pun sangat marah dan kecewa, karena ia telah begitu percaya pada Inuyasha. Hingga setelah Inuyasha mengamuk di kuil Kikyo dan merusak desa, ia menyegel Inuyasha dengan panahnya. Dengan kekuatan yang tersisa karena terluka cukup parah, Kikyo meminta Kaede membakar tubuhnya yang membawa shikon no tama agar bola kristal itu lenyap dari alam ini bersama dengan kematiannya…

50 tahun kemudian, shikon no tama muncul kembali bersama dengan hadirnya Kagome dari masa depan yang merupakan reinkarnasi Kikyo. Inuyasha juga telah dilepas segelnya oleh Kagome yang memiliki kekuatan spiritual setara dengan Kikyo.
Suatu hari, muncul seorang penyihir wanita bernama urasue yang hendak membuat boneka suruhan dalam wujud Kikyo. Ia mencuri tulang dan tanah kubur Kikyo yang memang berada tidak jauh dari kuil Kikyo yang kini dijaga Kaede. Dengan sedikit jiwa yang diambil dari Kagome, Urasue berhasil membangkitkan kembali Kikyo yang terkenal sebagai miko yang kuat. Tapi alih-alih menjadi boneka yang dapat dikendalikan bagi Urasue, sesaat setelah bangkit Kikyo langsung menghancurkan penyihir itu. Selanjutnya Kikyo hendak menyerang Inuyasha, namun karena kekuatannya tidak cukup untuk melawan maka ia melarikan diri.
Kikyo pun menjadi semacam zombie yang dengan menggunakan siluman bernama shinidamachu mengumpulkan kekuatan dari jiwa gadis muda yang baru mati, dan ia masih menyimpan dendam pada Inuyasha.

 

“Seandainya aku masih hidup… Mungkin aku yang akan mengubahnya”

Setelah mendengar penjelasan dari Kaede, Kikyo mengerti bahwa ia dan Inuyasha telah diadu-domba. Ia lalu berusaha memburu Naraku, meski tetap tak mau bergabung dengan Inuyasha dan kawan-kawan yang melakukan perjalanan bersama. Kikyo melihat Inuyasha telah banyak berubah, sorot mata yang dulu tak mempercayai siapapun, sekarang telah menemukan tempat untuk berbagi. Seorang hanyo yang selalu kasar dan tak punya teman, sekarang disukai dan bisa dilihat kebaikannya. Satu hal yang dulu ingin dilakukannya pada Inuyasha, ternyata telah dilakukan oleh Kagome…

Senjata

1119577901_Kikyo5FarrowKikyo sangat mahir menggunakan busur dan anak panah untuk mengalahkan musuh. Kagome yang masih pemula dalam menggunakan senjata ini tentu tak dapat menandingi. Tapi Kikyo juga sering terdesak karena hanya sendirian. Di saat seperti itu, Inuyasha selalu datang untuk menolongnya karena tak ingin kehilangan Kikyo untuk kedua kali. Dan saat itu pula Kagome harus menyadari posisinya sebagai yang kedua.

Akhir Perjuangan Kikyo

Awalnya, Kikyo yang masih dikuasai dendam menjadi tak begitu menghargai nyawa manusia. Ia bahkan sempat hendak mengambil kesempatan untuk membunuh Kagome. Tetapi sedikit demi sedikit ia terpengaruh oleh kebaikan Kagome dan yang lain, hingga sifat aslinya pun kembali. Kikyo mengorbankan dirinya untuk mengalahkan Naraku, tapi tidak berhasil. Sebelumnya, Kikyo diperkirakan musnah karena racun Naraku tapi ternyata ia masih bertahan dan berhasil diselamatkan oleh Kagome. Tapi untuk kedua kalinya, Kagome tak mampu menyelamatkan Kikyo. Tidak hanya Inuyasha, tapi Kagome dan yang lain juga merasa kehilangan karena di akhir keberadaannya Kikyo telah menjadi bagian dari mereka.
Dan pada saat kepergiannya, hanya Inuyasha yang menemani Kikyo hingga tubuh gadis itu menjadi cahaya yang hilang ditelan malam.

Written by Nadia Sy
Sumber : manga inuyasha vol.1-56, inuyashaworld.com
gambar : photobucket.com, myanimelist.net

137 thoughts on “Profil Kikyo

  1. Salam kenal wongkito:)

    ffuuh..Dah lama ga ngikutin inuyasha, dl sempet penasaran kikyo bakal gmn, siapa yg inuyasha bakal pilih, pdahal kduanya it sama, meski berbeda krn brasal dr zaman yg berbeda, anyway makasih buat ulasannya.. Jd nya ga penasaran lagi^^

  2. Salam kenal ^_^
    Ya… saya sih udah ngira Kikyo bakal kembali ke alamnya. Tapi yg saya gak ngira ternyata Kikyo jadi baik. kalo baca manga-nya bakal terasa deh sedihnya Kagome saat gak bisa menyelamatkan kikyo… padahal Kikyo kan rivalnya? Takahashi Rumiko emang keren, bisa bikin cerita serumit ini.

    1. saat gw nonton inuyasha final act episode 8 saat kikyo meninngal ,,gw sedih bgt……gw udah di buat jatuh cinta ma kikyo ,,sayang dia cuma karakter anime ,,

  3. jadi agak kasian waktu bacanya,tp di lain sisi kesel jg .Pas kag hrs jd yang ke 2,tp buat q,Di manga,Kag itu tetap number 1 buat Inu (lagian Kikyo dah mati ini)!tp emang bner ya Naraku tuh suka ma Kikyo?pas bag mananya dia bilang begitu?(anime&manga)
    Oh,request profilnya Shippo-chan ma kirara dong!^^suka sih.

  4. Soal Naraku (atau lebih tepatnya Onigumo) suka sama Kikyo, dan soal Kagome emang nomor 2 bagi Inuyasha itu jelas banget ada di manga volume 18 dan anime-nya episode 47 (Onigumo’s heart still beats within Naraku) + 48 (Return to the place where we first met).
    ok, requestnya ditampung dulu… perlu waktu buat nulisnya, tunggu ya.

  5. wah …………………………………………. inuyasa tu keren abizzzzzz benere dulu q tu g suka tp ketika tumbuh rasa cinta antara kagome dan inuyasa q cnakin cuka dia adalah pasanad

  6. ih…
    suka banget dech sama kikyo
    soalnya kikyo itw sebenarnya khun kikyo baik hanya saja sewaktu sebelum meninggal dia khun dibunuh sama narsku yang berwujud menjadi inuyasha jadi maklum aja klo dia jadi demdam sama inuyasha.
    Kasihan dech klo harus ngeliat kikyo sendirian, kesepian gak ada temennya khun bukan salahnya dia sendiri klo dia sekarang menjadi dendam sama inuyasha.

    Kikyo ^_~

  7. ni dia nich tokoh yang paling aq suka di anime inuyasha
    udah jahat, seenaknya ndiri,sombong pula (maaf nih bt pr kikyo holic)
    BgQ dia tuh g da baik2na
    Aq g suka lht inuyasha ma dia, merusak pemandangan

  8. inuyasha tuh… keren abiz truz, gw salut bgt sm kikyo dia itu cantik+keren+agak sabar. tp gw agak kesel ama kagome, dia habyalah rengkarnasi dari kikyo tapi gk mau ksih kesempatan untuk inuyasha ketemu sama kikyo liat aja di episode ke 23. Kagome’s Voice And Kikyo’s Kiss

    1. kan ceritanya kikyo udah mati…
      yah gapapa kan kalo kagome pengen sama inuyasha..
      kikyo kan cuma tubuh yang udah mati tapi dibangkitkan kembali..
      lebih cocok inuyasha sama kagome…

      1. Inuyasha itu lebih cocok ama kagome .kikyo itu udah mati. Di animenya kagome ending dengan inuyasha , kagome itu cocok dengan inuyashaaaaaaaaaaaaaa kagome inuyasha
        Kikyo yang perusak pemandangan
        Keseringan dengan inuyasha itu kagome

    2. aku suka sama kagome..
      suka sama kikyo juga..
      tapi berhubung kikyo udah mati,aku lebih suka sama kagome.,..
      lagian kikyo kan punya dendam..
      kagome nggak..
      kalo mau benci,benci sama naraku aja deh..
      kan dia yang buat kikyo mati n buat kagome punya kesempatan sama inuyasha..
      udah takdir itu kagome sama inuyasha…

  9. salah lageee inuyasha ntuh cocoknya sama kikyo
    lagean mereka kan beda jaman. and kikyo lebih hooooooooooooooooooooooooot!!!!!!!!!!!!!!

  10. sapa jg bilang kagome itu hOOOOOOTTtttTT,,
    yg betul KAGOME itu lutuuuuuu
    mumooeeeeeeettt
    guemeeesiiiinnnn
    dan kebukti hanya kagome yg bisa ngerubah sikap inuyasha menjadi lebih manusiawi,,
    pernah nonton gak episode d mana inuyasha kehilangan kendali ats dirinya(henshin) karna ‘tetsuiga’ nya patah??? (lupa episode berapa)
    karena pengaruh siluman yg begitu besar dlm dirinya,
    inuyasha jd lupa sgalanya,
    yg ada hanya hasrat utk membunuh,
    tidak peduli lawan ataupun kawan,

    ada satu alasan spesial yg membuat kagome lebih pantas utk inuyasha !!

    alasan mengapa inuyasha membatalkan niatnya utk menjadi youkai(siluman seutuhnya)
    sepenuhnya hanya karena ia tdk akan pernah bisa memaafkan dirinya jika terjadi sesuatu di luar kendalinya, ketika darah youkai yg ada d tubuhnya tak mampu lagi ia kendalikan,
    tdk akan pernah memaafkan dirinya jika Kagome terluka karena ia kehilangan kendali hanya demi hasrat utuk menjadi Youkai..
    gw suka gaya lho Inu..!! ha hAA

  11. Hmmm, .
    Vay ndiri c suka bgd m kikyo n benci bgd m kagome(mav bwt penggemar kagome), .
    Biz’a kikyo kcian ndirian gt,
    Yaah wlpn inu pilih kagome tp mw gmn pun jg kagome reinkarnasi dr kikyo, jd 2h arti’a inu g bs bnr2 lepasn kikyo khn?
    Cuz ujung2’a dy suka m cew yg mirip m kikyo, .

    1 adegan yg kcian bgd mnurut vay yaitu, wktu kikyo biz ktemu naraku n ksh pecahn shikon no tama, kikyo blg “saat ini ak bebas membenci sypa pun, sm sprti dlu ak bebas mncintai”(adegan’a inu gy d ats pohon n kikyo gy lyatn dy)

    Ugh, sbel bgd m onigumo jg . .
    Tp klu g ad onigumo mkn g ad anime/manga inuyasha cuz kikyo n inu hdp bahagia,
    G ad kagome jg, he . .

  12. aq si pasti bakalan dukung kikio lah ga mungkin kagome lg pula si kagome hanya pengganggu sejati doang coba seandainya kikio ga mati pasti inuasyah ga bakalan ad kagome lg ya kan all dan pasti inuasyah ga bakalan eeh globaltv maupun indosiar ay dong tayangin kembali inuasyah atau samuraiX atau samurai de kyo ya plis ssmuanya aq suka tu plim pliss dan cerita nya jangan diulang ulang dong aq mau lihat cerita akhinya gimana nasib kikio kt nya si bakalan sedih kasian kikio menderi OKEY KL GITU AQ DUKUNG AJ DEH BUAT KIKIO MOGA 2X SUKSES AJ YA AQ DOAIN MA SESUMARU AJ OKEY BAY KIKIO

  13. cm maw ksh info
    inuyasha tayang d global tv tiap sabtu-minggu jam 8 pagi
    Aq G SUKA BANGET MA KIKYO (gomen bt fansnya)
    bg yg blg klo kagome tu ngrebut inu dr kikyo SALAH BESAR!!!!!!
    yg da tu kagome slalu ngerelain inu u/ nyusul kikyo wlo sakit…..
    g ada istilah kikyo/kagome merebut inuyasha dari………….
    Nyadar dung!!!!bukan salah kagome dung klo dia suka ma inuyasha, inuyasha khan juga suka ma kagome

  14. Hi,klo bwt gw ceeh…inu tuh pantesx ama Kikyo,lagian itu kan emang jmnx mrk.Klo soal Kagome,kan dari jmn yg bda gak mgkn kan klo beda jmn trus br1…GAK MUNGKIN…TAK Q RESTUIN he…3x Chayo Kikyo…u r is the best!!!

  15. Inuyasha the final act epd 8,crtin klo kikyo innalillah-mati-koid-mampus
    turut bduka cita y….
    tp aq senang&smg arwahx dterima ma raja neraka
    amin….
    *dlempar grobak bakso*

  16. Uuhh…knp ky’ g2 sich…
    knp Kikyo x g’ bangkit ja lg,lgyn kan co2kn Kikyo dr pd Kagome.Kikyo itu lbh cantik,hebat,pintar,y…sglax dech dr pd Kagome.
    tapi yg pzt Kikyo WILL ALWAYS IN MY HEART……KIKYO NEVER DIE !!!!
    Bwt thank’s bgt infox y…
    Slam buat semua penggemar INUYASHA terutama penggemarnya KIKYO…

  17. mending ma kagome ja inuyasha_sama.
    drpada ma kikyo, kagome kan kulitnya bening mulus tulus.
    naahhh..si kikyo tu kan d buat ma nenek lampir dr bahan yg ga higienis..
    tebak apa’an???
    TANAH LIAT..!!!
    hahaaa…d samping itu d zamannya kikiyo, ga ada sabun.
    beda ma kagome, tiap pulang k zamannya si mulus tulus ini suka brendam d busa nan wangi harum semerbak semerbaii….uhhhhhhh kagomeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee…

  18. gw suka bgt film inuyasha tapi sedih liat kikyo ma inuyasha ga bisa bersama
    tapi kog endingnya di DVD ad lanjutannya tuh naraku blon mati terakir di perut oni kn inuyasha dibantu kagome bwt pake shikon no tama n kluarin jurus apa ya lupa nmanya….

  19. @dee : setuju dech…inuyasha-kagome 4ever
    kikyou k laut ajah…
    @dika : inu da lanjutanx,jdlx inuyasha the final act.liat ja d youtube ato dunlud d cyber12.com

  20. AQ SUKA KAGOME MA KIKYO!
    tp pda akhr’a InuYasha jd manusia n tnggal slama’a d jman Modern ma Kagome

    Kikyo shini wa Shiawase ni negaimazu

    (Aq hrp arwah Kikyo akn bhagia)

    CHAYO INUYASHA,KIKYO,KAGOME!

  21. Trakhirx inuyasha-kagaome tp inu g jd manusia&tgl d jamanx kagome
    inu ttp jd hanyou & tgl d jaman dahulu kala ma kagome

  22. tadinya aku uda mulai suka sama inuyasha , tapi pas tau endingnya dia nikah sama kagome , rasanya jadi gag suka lagi deh , coba inuyasha sama kikyo pasti aku jadi makin suka . lagipula inuyasha juga cocoknya sama kikyo daripada sama kagome .

  23. gue sk ma kikio karna dia tu udh cantik hebat lg kl kagome beda banget ma kikio karna kagome matanya agak belok kal o kikio ga lah ya dan kagome lemah banget klo kikio kuat pastinya ya kan………… kl iNUasyah dah TAMAt gUE moHON GANti ma FlIM jUBEY CHAN YA aQ

    1. Maap ya kalo kmu udah nonton final actny pasti kmu tau, kagome sama sekali gak lemah n kekuatan spiritual kagome lbih besar dr kikyou, itu diakui sm kikyou sendiri hanya saja aura jahat dr sikonotama ngesegel kekuatan kagome jd kekuatan spiritual kagome keliatan lemah. Lagi pula aq gak rela kalo inu jd ama mayat idup.

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s