Posted in My Life

Adaptasi

Beberapa hari setelah tiba di Qatar, suami saya langsung mengurus proses imigrasi untuk izin tinggal saya dan anak-anak. Agak tegang juga karena proses yang jadi syaratnya harus dilakukan saya sendiri, tidak bisa ditemani suami. Well, walau saya lumayan pede dengan kemampuan bahasa inggris saya, ternyata saat sungguhan menghadapi orang-orang asing yang kadang bicaranya kurang jelas, saya bener-bener bingung sampe nge-blank gak tau mau ngomong apa. Tapi it’s okay, walau ada beberapa kendala, sekitar sebulan kemudian izin tinggal untuk kami pun terbit.

Setelah izin tinggal terbit, barulah anak-anak bisa mendaftar sekolah. Naufal yang mendaftar di special need education bisa langsung mulai sekolah, tapi Naira ternyata harus menunggu hingga awal tahun ajaran baru bulan September nanti, dan harus ngulang dari awal kelas 2. Ya sudah, mungkin hikmahnya dia punya lebih banyak waktu untuk adaptasi dengan bahasa dan lingkungan sebelum mulai rutinitas sekolah.

Selama sebulan pertama, karena masih musim dingin kami banyak jalan-jalan di wisata outdoor. Taman, pantai, kebun binatang, banyak yang sudah kami kunjungi. Qatar memang negara kecil, jadi destinasi wisatanya gak banyak-banyak amat. Tapi semua tempat wisatanya bagus, bersih, dan terawat, jadi nyaman buat dikunjungi berulang-ulang. Al Bidda Park, MIA (Museum of Islamic Art) Park, Souq Al Wakrah, dan Sealine beach sudah beberapa kali kami kunjungi. Naira sudah nyoba naik unta di Souq Al Wakrah, dan kami juga sudah nyobain nge-dune yaitu berkendara naik turun di bukit pasir. Suami saya nyewa motor khusus karena mobil kami gak bisa dipake ngedune.

Adaptasi yang paling terasa buat saya adalah kulit yang kayaknya kaget ketemu iklim gurun. Muka,telapak tangan, dan punggung tangan saya langsung kering kasar pecah-pecah. Paling parah punggung tangan di bagian regangan saat mengepal itu lecet sampe berdarah2. Huhuhu.. padahal saya harus masak dan cuci piring sendiri, kebayang kan perihnya saat sering kena air. Alhamdulillah gak berlangsung lama-lama amat juga, tapi setelah kembali normal kondisi itu sempat berulang beberapa minggu kemudian. Yah, berarti saya harus siap bakal berulang lagi saat udara bener-bener kering barangkali.

Soal makanan, ini yang biasanya dikeluhkan banyak orang indonesia yang tinggal di luar negeri di mana masakan lokal gak sesuai selera lidah kita. Well, saya sih memang biasa masak sendiri yang sebenernya masakan simpel2 dengan bahan yang umum aja, jadi gak terlalu terpengaruh ya karena kalo masakan yang saya bisa ya saya lebih suka masak sendiri. Tapi berasa juga saat kepengen masakan indo yang saya belum bisa bikinnya terpaksa harus nyari dulu resep dan bahannya. Belum lagi kalo gak mood masaknya ya sekalipun sudah lengkap bahan dan resep tetep aja gak dieksekusi. Hahaha… kalo di indonesia kan tinggal beli aja pesen antar ojol beres. Di sini mau masakan indo nyari bahannya aja belum tentu ada di semua supermarket, belum lagi harganya mahal. Jadi kalo ada yang jual, wajar aja lah ya harganya selangit saat dirupiahkan. Contohnya aja bubur ayam, harganya bisa sekitar QAR 25 yang dirupiahkan jadi Rp 100.000,- . Jangan dibanding2in sama bubur ayam deket rumah di indo yang seporsi paling mahal Rp 20.000,-. Jadi soal jajan, justru makanan indo yang jadi mewah. Kami beli cukup sesekali aja kalo lagi pengen. Kalo mau sering-sering, ya harus usaha bikin sendiri. Jajanan lokal lumayan murah ada juga pastinya yang sesuai selera kami. Paratha, roti india dengan kuah kari kambing atau daging rempah yang mirip rendang jadi langganan buat sarapan. Sementara nasi arab dengan kambing atau ayam panggang jadi jajanan sehari-hari, padahal kalo di indo masakan semacam nasi kebuli begitu identik dengan perayaan. Jadi, lidah pun harus mulai beradaptasi

Tentang lingkungan pergaulan… begitulah, gak ada satu pun keluarga kami tinggal di sini. Jadi keluarga di sini adalah sesama orang Indonesia. Alhamdulillah ada kenalan orang indo yang sudah akrab sama kami, walau belum banyak-banyak amat juga. Karena keakraban itu butuh waktu kan ya, sedangkan kami masih baru pindah. Nah untuk kenalan orang asing selain indonesia, mungkin baru suami saya aja yang punya banyak dari tempat kerjanya. Saya yang jarang keluar rumah, jarang juga ketemu orang asing. Tetangga orang asing yang ketemu saat jalan di komplek paling sekadar senyum atau ucap salam aja. Oiya, di sini ekspatriat paling banyak itu orang India. Selain itu yang juga banyak ada orang Pakistan, Nepal, Afrika dari berbagai negara, dan Filipina. Ada juga bule tapi gak banyak2 amat. Indonesia sebenernya lumayan banyak, tapi jelas kalah sama Filipina. Karena ras kita sama, jadi orang indo sering dikira orang Filipina, itu yang sering saya denger dari temen2. Tapi saya sendiri mengalami, beberapa kali orang yang menyapa di jalan itu selalu nanya, “Indonesia?” Gak pernah ada yang nyangka saya orang Filipina. Penasaran pernah waktu itu ada satpam supermarket yang nanya, karena lagi nunggu suami ngantri di kasir jadi sekalian saya tanya balik, dari mana bisa tau saya orang Indonesia. Dia bilang dari penampilan. Model hijab, pakaian yang colorful, itu jadi ciri khas orang Indonesia. Sekadar bocoran, outfit saya saat keluar jalan-jalan atau belanja biasanya rok panjang katun warna gelap dengan atasan kemeja katun warna pastel (sebenernya saya lebih suka atasan kaos, tapi karena masih menyusui jadi pakenya kemeja kancing depan) dengan jilbab bergo bahan kaos atau pashmina instan bahan diamond. Anak-anak dan suami juga biasa pake atasan kaos dan celana panjang dengan warna kalem. So, bisa dibilang penampilan saya dan keluarga sudah Indonesia banget dong ya. Hahahah.

Penduduk asli Qatar yang disebut Qatari, jumlahnya sedikit dibanding pendatang, tapi tetap sering ketemu di mall2 atau taman. Lingkungan tempat tinggal dan sekolah anak-anak mereka jelas beda. Mereka menempati rumah-rumah mewah, dan anak-anak mereka sekolah di sekolah lokal yang full menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar. Tapi kabarnya sudah ada juga Qatari yang menyekolahkan anak-anak mereka di sekolah internasional, karena mereka ingin anak-anak mereka juga bisa bahasa Inggris.

Yang saya gak nyangka, ternyata Qatar ini termasuk dalam deretan negara terkotor di dunia. Awalnya gak percaya denger dari Naira yang lagi nonton video yang ngebahas tentang itu, tapi pas browsing2 sendiri, eh ternyata emang bener. Tapi kotor di sini bukan berarti jorok dengan sampah di mana-mana.. bayangan kita tentang ‘kotor’ biasanya gitu kan? Nah, Qatar secara kasat mata itu sangat bersih, buang sampah sembarangan aja bisa didenda setara puluhan juta rupiah. Tapi Qatar masuk negara terkotor karena tingkat polusinya yang tinggi. Pencemaran udara sudah ada dari debu padang pasir, ditambah lagi asap pabrik dan kendaraan. Air dan tanah juga relatif tercemar limbah dari industri. Yah.. mau gimana lagi, namanya juga negara industri, wilayahnya kecil pula jadi karena itu barangkali tingkat pencemarannya lebih tinggi dibanding negara-negara arab lainnya yang lebih luas. Tapi pemerintah Qatar terus berusaha mengurangi tingkat polusi tersebut, terbukti dengan terus dibangun dan dirawatnya taman-taman yang luas dan rimbun. Air keran juga bersih, walau gak seperti di negara maju kebanyakan yang bisa langsung diminum. Di sini air minum tetap dalam galon dan botol.

So, sudah empat bulan lamanya kami jalani tinggal di negara Qatar. Bulan Ramadhan dan Idul Fitri jauh dari keluarga besar juga sudah dilewati. Saya yakin masih banyak hal baru yang bakal ditemui, terutama nanti saat mulai puncak musim panas di mana suhu udara mencapai 50°C, selama bulan Juli sampe September. Dari yang saya baca dan denger, puncak musim panas adalah masa terberat untuk dijalani di negara ini. Gimana memangnya? Nanti rencananya saya tulis kalo sudah ngalamin sendiri. InsyaaAllah.

Comment