Posted in Anime, Inuyasha, Review

Profil Kikyo


Nama : Kikyo
Umur : 18 (umurnya ketika tewas)
Keluarga : Kaede (adik)
Kekasih : Inuyasha
Admirer : Onigumo


Kikyo adalah miko (pendeta shinto wanita) berkekuatan spiritual hebat yang mampu mengalahkan banyak siluman dan menyucikan hawa jahat. Karena kemampuan itu ia dipercaya untuk memegang shikon no tama, bola yang dapat memberi kekuatan bagi siapa pun yang menggunakan, untuk tetap dijaga kesuciannya dan terhindar dari kejahatan.

Di sela-sela perjuangannya membasmi siluman jahat yang mencoba melawan, Kikyo juga menghadapi sorang hanyo(manusia setengah siluman) bernama Inuyasha yang hendak merebut shikon no tama karena ingin menggunakan bola kristal itu untuk berubah menjadi siluman sejati. Kikyo melihat kebaikan dalam diri hanyo yang bersifat kekanak-kanakan ini, sehingga tak pernah ada niat untuk saling melukai. Pertemuan demi pertemuan membuat mereka saling mengenal dan memahami keadaan satu sama lain, hingga kemudian tumbuh rasa cinta di antara keduanya. Kikyo pun menawarkan pada Inuyasha agar menggunakan shikon no tama untuk berubah menjadi manusia, lalu mereka hidup bersama sebagai manusia biasa, karena tanpa shikon no tama Kikyo akan menjadi manusia biasa yang tak memiliki kekuatan besar untuk melawan siluman. Inuyasha yang tak menduga gadis berhati mulia itu ternyata memiliki perasaan begitu kuat padanya, mencoba mempertimbangkan tawaran tersebut… hingga akhirnya menerima.

kikyo0Di sisi lain, Suatu waktu Kikyo menolong seorang perampok yang tubuhnya terbakar dan lumpuh sehingga hanya bisa terbaring di dalam sebuah gua. Setiap hari Kikyo ditemani adiknya Kaede yang masih kecil selalu mengunjungi, memberi makan dan mengurus pria bernama Onigumo (laba-laba setan) itu,hingga tanpa diduga ternyata menumbuhkan rasa ingin memiliki dalam hati Onigumo.
Bagai air susu dibalas dengan air tuba, Onigumo menyerahkan tubuhnya pada siluman demi mendapat kekuatan dan obsesi memiliki Kikyo. Karena kekuatan jahat ratusan siluman menguasainya, Onigumo seolah lahir kembali menjadi siluman kuat dan sangat licik bernama Naraku.

Tepat di hari perjanjian Kikyo dan Inuyasha menggunakan shikon no tama untuk mengubah Inuyasha menjadi manusia, yang muncul di hadapan Kikyo justru ‘Inuyasha’ yang tanpa ragu menyerang dengan cakarnya dan merebut shikon no tama dari Kikyo. Kikyo pun sangat marah dan kecewa, karena ia telah begitu percaya pada Inuyasha. Hingga setelah Inuyasha mengamuk di kuil Kikyo dan merusak desa, ia menyegel Inuyasha dengan panahnya. Dengan kekuatan yang tersisa karena terluka cukup parah, Kikyo meminta Kaede membakar tubuhnya yang membawa shikon no tama agar bola kristal itu lenyap dari alam ini bersama dengan kematiannya…

50 tahun kemudian, shikon no tama muncul kembali bersama dengan hadirnya Kagome dari masa depan yang merupakan reinkarnasi Kikyo. Inuyasha juga telah dilepas segelnya oleh Kagome yang memiliki kekuatan spiritual setara dengan Kikyo.
Suatu hari, muncul seorang penyihir wanita bernama urasue yang hendak membuat boneka suruhan dalam wujud Kikyo. Ia mencuri tulang dan tanah kubur Kikyo yang memang berada tidak jauh dari kuil Kikyo yang kini dijaga Kaede. Dengan sedikit jiwa yang diambil dari Kagome, Urasue berhasil membangkitkan kembali Kikyo yang terkenal sebagai miko yang kuat. Tapi alih-alih menjadi boneka yang dapat dikendalikan bagi Urasue, sesaat setelah bangkit Kikyo langsung menghancurkan penyihir itu. Selanjutnya Kikyo hendak menyerang Inuyasha, namun karena kekuatannya tidak cukup untuk melawan maka ia melarikan diri.
Kikyo pun menjadi semacam zombie yang dengan menggunakan siluman bernama shinidamachu mengumpulkan kekuatan dari jiwa gadis muda yang baru mati, dan ia masih menyimpan dendam pada Inuyasha.

 

“Seandainya aku masih hidup… Mungkin aku yang akan mengubahnya”

Setelah mendengar penjelasan dari Kaede, Kikyo mengerti bahwa ia dan Inuyasha telah diadu-domba. Ia lalu berusaha memburu Naraku, meski tetap tak mau bergabung dengan Inuyasha dan kawan-kawan yang melakukan perjalanan bersama. Kikyo melihat Inuyasha telah banyak berubah, sorot mata yang dulu tak mempercayai siapapun, sekarang telah menemukan tempat untuk berbagi. Seorang hanyo yang selalu kasar dan tak punya teman, sekarang disukai dan bisa dilihat kebaikannya. Satu hal yang dulu ingin dilakukannya pada Inuyasha, ternyata telah dilakukan oleh Kagome…

Senjata

1119577901_Kikyo5FarrowKikyo sangat mahir menggunakan busur dan anak panah untuk mengalahkan musuh. Kagome yang masih pemula dalam menggunakan senjata ini tentu tak dapat menandingi. Tapi Kikyo juga sering terdesak karena hanya sendirian. Di saat seperti itu, Inuyasha selalu datang untuk menolongnya karena tak ingin kehilangan Kikyo untuk kedua kali. Dan saat itu pula Kagome harus menyadari posisinya sebagai yang kedua.

Akhir Perjuangan Kikyo

Awalnya, Kikyo yang masih dikuasai dendam menjadi tak begitu menghargai nyawa manusia. Ia bahkan sempat hendak mengambil kesempatan untuk membunuh Kagome. Tetapi sedikit demi sedikit ia terpengaruh oleh kebaikan Kagome dan yang lain, hingga sifat aslinya pun kembali. Kikyo mengorbankan dirinya untuk mengalahkan Naraku, tapi tidak berhasil. Sebelumnya, Kikyo diperkirakan musnah karena racun Naraku tapi ternyata ia masih bertahan dan berhasil diselamatkan oleh Kagome. Tapi untuk kedua kalinya, Kagome tak mampu menyelamatkan Kikyo. Tidak hanya Inuyasha, tapi Kagome dan yang lain juga merasa kehilangan karena di akhir keberadaannya Kikyo telah menjadi bagian dari mereka.
Dan pada saat kepergiannya, hanya Inuyasha yang menemani Kikyo hingga tubuh gadis itu menjadi cahaya yang hilang ditelan malam.

Written by Nadia Sy
Sumber : manga inuyasha vol.1-56, inuyashaworld.com
gambar : photobucket.com, myanimelist.net

Advertisements

138 thoughts on “Profil Kikyo

  1. astaga………,klu sya jujur ska sma 2″nya…,kagome itu sbenarnya mrip ama kikio cma dandanan nya aja yg beda,lgipula kan critanya kagome msh remaja n kikio udh dwasa,ya trang aja blum mrip” amat…,endingnya…….inuyasha sama kagome,dia nungguin kagome selama 3 tahun dan tiap 3 hari datngin sumur t4 lwatnya kagome n kerjaannya liat langit mulu alias ngelamun….,aku tahu kikio cnta prtmanya inu,n cnta prtma lbh baik dri cnta k2,tpi cnta trakhirkan lbih baik dri cnta prtama kan ya….???n mnurutku d pra endingnya Iniyasha dah ykinin htinya klu yg dia btuhin itu kagome,dari dialognya yg klu ga slah artinya”kagome lhir untk brtmu dnganku,dan aku ada untuknya”…..,so wlaupun kikio itu mmg cntik n lbh dwasa tpimyg bsa ngluluhin n yg bnar” d btuhin ma inuyasha ya kagome,walaupun dia dari masa depan,lgipula kan ada smur pnghubung dunianya,jdi kan mmg d tkdirin seseorang bsa mlewati waktu melalui sumur itu n itu adalah kagome……klu bleh brpndapat ya….,mnurutku kikio ituscra ga langsung adlah jmbatan penghubung antra iniyasha dan kagome…..,^_^

  2. ANE GA SUKA KIKYO AMA INUYASHA.. KALO KIKYO AMA ANE MAH SUKA2 AJAH~~ πŸ˜€

    Lagian ane lebih suka Inu ama Kago.. Inu bilang sendiri kalo Kago udah ngajarin dia banyak hal.. And ntu artinya Inu ga nganggep Kago sbg reinkarnasi Kikyo.. Cinta Inu lebih besar ke Kago.. Cinta Kikyo buat ane aja ah~

  3. Sejak awal, Inuyasha telah jatuh cinta pada Kikyo.
    Meskipun marah karena Kikyo menyerang dan
    menyegelnya, tapi sebenarnya rasa itu tak berubah.
    Terlebih lagi ketika diketahui ternyata Naraku yang
    menyerang inuyasha dengan wujud Kikyo, untuk
    mengadu-domba mereka. Tapi sejak berpetualang
    dengan Kagome, ia pun mulai menyukai gadis yang
    meskipun reinkarnasi Kikyo tapi memiliki
    karakteristik berbeda itu. Kebingungan melanda
    saat Kikyo bangkit kembali dan ternyata masih
    menyimpan dendam pada Inuyasha. Meski
    kemudian tahu musuh mereka adalah Naraku, Kikyo
    tidak ikut bergabung dengan Inuyasha dan teman-
    temannya. Tetapi perasaan Inuyasha dan Kikyo
    masih sama seperti 50 tahun yang lalu. Karena itu
    bila harus memilih, Inuyasha memilih Kikyo. Walau
    tentu saja Kagome yang akan terluka…

  4. kalau pun kikyo msih hdup dan tidak mati krna naraku, psti inuyasha memilih kikyou sebagai pendamping hidupnya selamanya, walaupun kagome juga ada ditengah2 inuyasha dan kikyo. dan bagaimanapun kikyo lah cinta pertama inuyasha, krna kikyo mati ny maka inuyasha memilih kagome. lgian ini hanya kartun, benda mati yg ga bisa hdup di dunia nyata, so ga ush pd berantem deh.

  5. Kikyo cantik,udah gitu kalem,penyayang,bertanggung jawab pada tugasnya dan mau menolong siapa aja walaupun orang jahat,andai dya gak mati :3

  6. yang jelas film InuYasha dapat merubah perasaan kita yg menontn …….hahaha sampai bertikai di atas gara2 maslah kikyo n kagome….

  7. Pertama kali nonton film inuyasha. Aku suka kagome n inuyasha. Tp setelah tw klo cinta pertama inuyasha itu kikyo aku jd lebih mendukung kikyo. Cuma karena onigumo si parasit itu yg bikin berantakan. Apalagi setelah dilihat2 kagome itu manja, merebut inuyasha, menghalang2i kikyo bersama inuyasha. Apalagi jamanya kagome itu udah beda, trus kagome ada karena kikyo. Intinya kikyo itu asli.

    Diri inuyasha bukan buat kagome ataupun kikyo, krna kagome beda jaman, klo kikyo sdh mati. Tp cinta inuyasha cuma buat kikyo.

  8. liat yg koment2 d atas pd ribut ttg Kikyo – InuYasha – Kagome … Hmm … klo d pkir2 Kikyo sm InuYasha gk co2k dech.. trkesan kyk kakak n adik pantes ny Kikyo itu sm Seshomaru sich, cz dri segi karakter jg mirip sm2 cool gt.. kwkwkwk… πŸ˜—

    1. Gk cocok lah masa pendiem sama pendiem,, kikyo itu udh pendiem ,hdupnya jg gk bebas dn kesepian ,, di usianya wanita2 lain bsa dandan,bebas,dan ceria sdangkan dia harus hidup terbebani dengan melindungi sikon no tama ,, mkanya dia cocok sma inuyasha yg ceria cerewet dan penuh kbebasan toh kduanya sma2 cinta saling peduli dan tak ingin melukai. Yg bisa bkin kikyo senyum ,ktawa , dn bahagia….. ^^

      1. Lagian kikyo itu kalem,, lmbutt.. Dan mmperdulikan sekelilingnya,,jiahh kyak kuemochie aj lmbut… xD,, Masa sama seshomaru, yg dingin dan keras it.. Apalag dia kan siluman utuh,, alasan knapa kikyo menyukai inuyasha krna kikyo mlhat sisi baik dlam diri inuyasha sbg seorang hanyo (stngh siluman)..,inuyasha juga gtu dia merasakan ad perasaan kuat kikyo terhadapnya , sbg seorang miko pnnjaga tama yg ingin jadi wanita biasa dn menjadikan inuyasha sbg manusia biasa. Dn waktu dmi waktu brlalu,, di moment saat mereka naik perahu sma2 kaki kikyo trsandung saat turun dr perahu lalu jatuu ke pelukan inuyasha ,, di situ lah inuyasha tdk berpikir apa2 lagi,dia ingin jadi manusia dn hidup bahagia bersama kikyo.. The End ^_^

  9. Kikyo ato Kagome gw suka dua-duanya. Toh mereka wanita yang sama cuma chasing luarnya saja yang beda alias berganti,,
    Dlu gw sempet benci stengah mati ma Kikyo tapi lama kelamaan pas liat final act gw suka bgt ama nih chara. Apalagi pas kematiannya, gw nangis dan bneran sedih bgt. Trnyta Kikyo sbenernya ga seburuk yg gw pikir selama ini,,
    Endingnya sih emg InuKago tapi entah knp gw rasa Inuyasha bisa jatuh cinta sama Kagome, alasannya krn di kehidupan sebelumnya mereka sudah saling cinta. Yaitu saat Kagome menjalani kehidupan dalam wujud Kikyo. Jadi dua wanita ini sejatinya satu jiwa dalam dua wujud berbeda

  10. Ini buat yang ngeributin Inuyasha cocok sama Kikyo ato sama Kagome,,

    Mnurut gw, Kikyo itu emg cinta sejatinya Inuyasha, tapi mereka hrus terpisahkan oleh kematian Kikyo akibat ulah Naraku. Dan karena keinginan kuat Kikyo utk bertemu Inuyasha “sekali lagi” serta doi yg masih pnya rasa penyesalan (penjelasan Naraku final act eps 24) akhirnya si Kikyo ini dilahirkan kembali dalam tubuh baru bernama “Kagome” buat nuntasin urusan di kehidupan sebelumnya yang belum selesai.

    Ane jg sring bca novel bertema reinkarnasi,, biasanya klo udah ditakdirkan sbg belahan jiwa mau ganti tubuh baru (reinkarnasi) berapa kali pun, tetep balik lagi ke pasangan sejatinya,,
    Inuyasha emg ga bisa bersatu sama Kikyo, tapi pada akhirnya karena ikatan mereka terlalu kuat, Kikyo terlahir kembali dalam wujud Kagome dan mereka pun bersatu di kehidupan yg kedua,,
    *dilemparin recehan*

    1. Tapi sifat karater kikyo dan kagome sangat bertolak belakang , walaupun bgitu kduanya punya 1 keingnan yg sma ingin bertmu inuyasha skali lagi , dn aq rasa kikyo memang karakter wanita idaman dari segi fisik dan kepribadian cuman sifatnya aj yg dingin itu karna di harus menanggung smuanya beban sndirian sbagai miko .. Coba kalo sifatnya ceria dan cerewet gtu ,,, bisa ngefly tuh si inuyasha karna di panggil sayang2 trs buat ngucapin mantra kalungnya inuyasha… XD ,,,,

  11. mau nanya dong,,inuyasa yang terbaru udh ada belum yah?
    susah bnget nyaari kasetnya ampe sesi yg terakhir bngt tuh..

    1. Klo nyari sesi trakhir y final act ,, di situ episode2 terakhir dari petualangan inuyasha dkk, tpi klo untuk seri terbaru takahashi-sama belum bikin keknya,, klo cerita akhirnya udh ke lock kayak gitu susah nerusinnya harus sekreatif mugkin biar yg liat ceritanya gk bosen dan makin senang,, dlu aq berharap kikyo dan kagome keduanya bisa jadi istrinya inuyasha sma seperti ayahnya yg punya 2istri ibunya seshomaru & ibunya inuyasha,, yahh setidaknya tdk usah pusing2 memilih slah satu karna itu bkin yg nyenengin karakter masing2 gk enak juga y.. Apalagi kikyo…kawaii kikyo :v

  12. Pfffttt…kenapa juga takahashi-sama bikin karakter onigumo dan mmbuat kikyo menyelamatkan dia,,, klo gk ad dia ,,kan inuyasha pasti udh hidup bahagia ama kikyo, inuyasha jdi manusia biasa kikyo pun juga punya anak,punya kluarga, dll,, emang pasangan yg serasi best couple dah… ,tpi klo gitu y gk ad cerita dan drama2nya y…hufffftt….seandainya kikyo yang ad di posisi kagome,, dan kagome pun sebaliknya di posisi kikyo gmn y….???ingin liat kikyo memiliki xpresi ceria dan cerewet πŸ™‚

  13. GOMEN,,aq lupa,,memang onigumo yg bkin hancurnya hbugan kikyo & inuyasha ,itu smua gk akan terjadi deh klo Tsubaki si pendeka kegelapan itu dengan sengaja mengutuk kikyo yg seandainya dia terpikat oleh seseorang (inuyasha) mka ia akan mati dngan tragis,,serta siluman laba2 brengsek yg berhasil slamat dari dlam tubuh siluman yg kikyo habisi dengan panahnya bersama tsubaki dan kaede ,, klo aj laba2 sialan itu mati dan gk nawarin kekuatan dan tubuh yg bergerak bebas kpda onigumo yg ia temukan karna pkiran jahatnya ,mungkin gk ad yg mengganggu kikyo waktu ritual buat menjadikan inuyasha sbg manusia..,, tapi apalah dayaku yg hanya bsa mencurahkan isi prasaanku di sni… πŸ™‚

  14. Oya lupa waktu turun dr prahu kikyo jatuh ke pelukan inuyasha,, trs mreka ciuman *kiss* ,so sweet bgt .. XD …moment yg indah bgt… :’)

  15. Gue lbh suka sesshomaru sama inukimi,drpd inuyasha nya,,,sessho keren,tampan,kuat,berkarisma,,,sama kayak ibunya,,,cuma pengarangny gak adil,ceritanya krg brkembang,protagonis dn antagonisnya gak dikembangkan,trus inukimi cuma diceritkan satu episode ajja,,,apalagi sessho gak ada romancenya.,,di jepang trmasuk anime rating prtengahan

  16. aaaah…. gak gak gak…. palagi kalo mereka bertiga ketemu bareng… rasanya mendookusai… nyebelin bgt deh.. si inu yg rada dongo, si kikyo yg kadang egois, sama kagome yg cemburuan… hadeeh… buat aq sebagai penonton rasanya “merepotkan”…

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s