Posted in Review

How I Met Your Mother (2005-2014)

How I Met Your Mother (HIMYM) bisa dibilang adalah serial sitcom barat terfavorit saya hingga saat ini. Mulanya saya dengar tentang serial ini dari suami saya (waktu itu masih calon), dia bilang bagus banget, banyak joke dan bahasan tentang cowok yang ‘kena’ banget, tapi bukan berarti ini film buat cowok, tentang cewek juga banyak. Karena penasaran saya cobain lah nonton. Waktu itu sekitar tahun 2009 yang berarti filmnya udah jalan sekitar 4 season. Pertama nonton saya habisin dulu season 1,dan awal-awal nonton itu saya agak bored nontonnya, gak tau kenapa, mungkin karena waktu itu selera saya masih drama korea aja 😀 . Habis itu belum lanjut nonton lagi karena memang gak ada DVD-nya.
Sekitar setahun kemudian,setelah menikah saya mulai kenal TV berlangganan dari suami saya dan mulai terbiasa nonton film-film barat, termasuk HIMYM yang sesekali tayang di Starworld. Tiba-tiba saya ketagihan nonton serial ini dan nunggu-nunggu setiap tayangannya, walaupun episodenya totally gak berurutan. Kalo gak salah mulai ditayangin berurutan itu sejak season 7 sampe serial ini tamat di season 9.

Penny dan Luke, anak-anak Ted

Ceritanya, tahun 2030, tokoh paling utama serial ini menceritakan kisah flashback kepada dua anaknya, tentang bagaimana ia bertemu dengan ibu dari kedua anaknya ini.
Pada tahun 2005, Adalah Ted Mosby, pemuda lulusan arsitektur yang tinggal di Manhattan, New York, yang sedang berusaha mencari cinta sejatinya. Ia tinggal di apartemen bersama sahabatnya sejak kuliah yaitu Marshall Eriksen dan kekasih Marshall yaitu Lily Aldrin yang juga teman sekampus. Dari sering hangout di MacLaren’s Pub yang berlokasi di bawah apartemennya, ia mengenal Barney Stinson, seorang cowok perlente yang playboy atau mungkin lebih cocok disebut maniak cewek, entahlah -_- . Begitu Marshall dan Lily bertunangan, Ted juga berpikir untuk segera menikah dan berkeluarga, hingga lebih bersemangat untuk menemukan jodohnya. Saat itulah di MacLaren’s ia melihat Robin Scherbatsky, cewek cantik dari Kanada yang sedang meniti karir di dunia newsTV sebagai reporter. Ia merasakan love at the first sight dan terpikat dengan Robin sejak kencan pertama. Masalahnya Robin adalah cewek yang cenderung menghindari komitmen-apalagi berkeluarga dan punya anak. Karenanya kencan awal mereka pun gak berjalan lancar. Tapi ternyata Robin berkenalan dan cocok dengan teman-teman Ted, hingga mereka sering hangout bersama, dan pada akhir season 1 Robin yang mulai menyukai Ted menerima kesempatan untuk menjalani hubungan, walau kemudian hubungan itu kandas di season 2.
Meski berstatus mantan, Ted dan Robin masih sering hangout sebagai sahabat, bersama Barney, Marshall, dan Lily tentunya. Seiring waktu, Barney dan Robin ternyata saling tertarik dan sempat menjalani hubungan yang juga gak bertahan lama. Jadi Ted,Robin, dan Barney, adalah 3 sahabat yang terlibat cinta segitiga, dan tetap hangout bersama setiap hari. Ketiganya mencoba mencari pasangan yang tepat dengan hubungan baru bersama orang yang silih-berganti. Sejak jatuh cinta pada Robin, Barney yang playboy berubah jadi berencana untuk menikah, dan pada akhir season 7 penonton cukup dikejutkan dengan potongan cerita di masa depan bahwa ternyata yang akan menikah dengan Barney adalah Robin.
Well, sebenernya sih saya mendukung Ted sama Robin, makanya agak kecewa pas tau ternyata yang nikah sama Robin malah Barney. Tapi memang dari dulu sih kata suami saya ‘the mother’ itu bukan Robin, soalnya dari cerita Ted ke anak-anaknya dia nyebut ‘aunt Robin’, kalau memang Robin ibu mereka gak mungkin kan manggil tante? dan memang semakin ditegaskan saat di season 7 ternyata Robin divonis gak bisa punya anak oleh dokter kandungan. Tapi kan, tapi kan, hubungan mereka terasa kuat banget… Ted bahkan rela mutusin Victoria, cewek yang cocok banget sama dia, ‘cuma’ karena Victoria nyuruh milih antara menikah dengan dia dan berhenti berteman dengan Robin atau tetap berteman dengan Robin yang berarti mereka putus. Ya… tetep ternyata Robin milih Barney.
Oiya, pacar Ted yang serius dan agak lama itu ada beberapa, selain Robin ada Victoria, Stella, dan Zoey. Semua kandas dengan cerita yang cukup complicated.
Di akhir season 8 akhirnya diungkap wajah ‘the mother’ yang memang bukan Robin maupun mantan-mantan Ted lainnya, dengan spoiler yang disebar bahwa season 9 adalah season terakhir, dan cerita hanya seputar hari pernikahan Barney dan Robin. Sebab hari pertama kali Ted bertemu dan menyapa Tracy McConnell, ‘the mother’, memang adalah hari pernikahan Barney dan Robin.

Ted dan Tracy, pasangan dengan inisial nama yang sama. Karena itu Ted pernah menyangka payung kuning dengan tulisan inisial nama itu miliknya, padahal milik Tracy

Tapi siapa sangka, twist ending serial ini mengejutkan banyak orang. Ternyata saat Ted menceritakan kisah ini kepada anak-anaknya, Tracy sudah meninggal karena sakit 5 tahun yang lalu, dan beberapa tahun sebelumnya lagi Robin sudah bercerai dari Barney karena berbagai alasan. Jadi, tanpa ditanya kedua anak Ted menangkap sinyal bahwa Ted sebenarnya hendak menikah dengan Robin, dan mereka memang setuju.
So, pada akhirnya memang Robin-lah ‘the mother’, umm… ‘the second mother’ tepatnya. (See?? am I right? )
Dari yang saya baca-baca,banyak yang gak suka dengan ending ini. Kata mereka kenapa gak biarin aja Ted bahagia dengan istri dan anak-anaknya, juga Robin bahagia dengan Barney? Seperti juga Marshall dan Lily yang bahagia dengan anak-anak mereka. Sampe-sampe ada video alternate ending yang dibikin oleh para fans yang kecewa.
However, kisah yang cukup panjang ini mengajarkan banyak hal. Kelima tokoh utama ini masing-masing memiliki karakter yang hebat. Ted mungkin gak terlihat kuat, tapi dia super duper sabar dan perhatian. Robin cewek yang bener-bener kuat dan mandiri berkat didikan ayahnya yang mengganggap dia anak cowok, tapi siapa sangka di dalamnya terkadang rapuh. Marshall dan Lily pasangan yang kontras secara fisik tapi sangat cocok, dan seluk-beluk hubungan mereka sebagai pasangan yang ideal diceritakan mulai dari baru kenalan waktu kuliah, hingga menikah dan punya anak. Barney sempat menjadi playboy karena sesuatu hal di masa lalu, selalu terlihat penuh kebohongan dan sombong, tapi ternyata… romantisnya bikin klepek-klepek. Yang pasti, kelima orang ini konyolnya minta ampun, tapi di balik itu mereka sangat baik hati. Walaupun yah… banyak juga budaya barat yang tentunya gak perlu kita ikuti, harus dihindari malah. Makanya serial ini diberi rating 16+, di mana penonton harus bisa menyaring informasi yang diberikan.

sumber gambar : more-sky.com, s-media-cache-ak0.pinimg.com, screenrant.com

Advertisements

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s