Posted in My Life

My Shimmering Pearl

Buat yang sudah lama baca-baca tulisan di blog saya ini, pasti tau deh ada yang berubah baru-baru ini (selain themes dan header tentunya). Yup, nama blog-nya saya ganti. Dulu nama blog ini adalah Shimmering Pearl, terinspirasi dari salah satu lagu milik Ada Band, bahwa Nadia adalah sebutir mutiara indah di tengah luas Samudra (ceileh–). Shimmering juga yang berarti berkilauan, menggambarkan kesukaan saya dengan bintang-bintang yang berkilau.
Nah, saat hamil dan mulai mencari nama yang cocok buat anak, saya pun berusaha menemukan nama yang artinya gak jauh-jauh dari itu : bintang, bersinar, berkilauan, dan mutiara. Yaa klo artinya bukan itu juga gak pa-pa sih, yang penting namanya terasa cocok buat kami dan artinya baik. Dan satu lagi, pengennya sih namanya yang masih jarang alias gak pasaran. Tapiii…. berhubung saya dan suami punya inisial yang sama yaitu NS, entah kenapa tiba-tiba kami sepakat nama anak-anak kami nantinya harus juga berinisial NS. Jadilah mencari nama yang cocok lebih sulit karena pilihan inisialnya terbatas.

Untuk memberi kesan Islami, saya mencari nama yang diambil dari bahasa Arab. Ngubek-ngubek seantero jagat maya, akhirnya didapatlah nama Naira, diambil dari bahasa Arab naa-iroh yang berarti bersinar/berkilauan. Untuk S-nya lebih lama lagi saya mencari, hingga akhirnya menemukan Saffanah, yang berarti mutiara. Kayaknya saffanah ini jarang dipakai, lebih sering dipakai lu’lu’an yang berarti mutiara. Pernah juga mau ambil Safina yang katanya berarti mutiara, tapi setelah saya cari di berbagai sumber, ternyata keliru– safina dari bahasa Arab artinya kapal, bukan mutiara.
Jadi seneng banget waktu udah nemu nama yang cocok menurut saya : Naira Saffanah, artinya mutiara yang berkilau. Meskipun belum pasti juga sih dijadiin nama anak saya, kan mesti persetujuan bapaknya dulu, juga keluarga yang lain.
Tapi… siapa tau memang bakal jadi nama anak saya, maka saya putuskan untuk mengubah nama blog ini. Biarlah ini menjadi catatan saya (Nasya’s Notes), dan anak saya-lah yang menjadi mutiaranya. Kalaupun misalnya gak disetujui untuk jadi nama anak pertama, siapa tau jadi nama adiknya😀 .

Waktu saya dirawat di RS karena jatuh, pertama kalinya suami saya nanya siapa nama yang saya usulkan untuk jadi nama bayi kami. Deg-degan juga bilangnya, takut suami gak setuju, padahal entah kenapa dalam hati saya sudah refleks memanggilnya. Sebelum tau jenis kelamin anak kami, saya sudah pengen namanya Naira kalau perempuan, dan Nasuha kalau laki-laki. Dan waktu Dr.Marina bilang kayaknya anaknya cewek, langsung hati saya bicara : oh, berarti Naira… (eh, padahal kan belum pasti). Tapi saya lega waktu suami kayaknya manggut-manggut waktu denger nama Naira, meskipun belum juga dipastiin sih bakal pake nama itu karena nunggu dia lahir. Hingga saat dia lahir, baru saya usulkan nama lengkapnya Naira Saffanah. Suami langsung setuju dengan nama Naira, tapi gak yakin dengan Saffanah karena penulisannya agak sulit– berkaca dari pengalamannya sendiri punya nama yang susah banget kayaknya ditulis dengan benar oleh orang lain. Lalu kami pun mencari lagi nama berinisial S, juga mendapat usulan dari orang-orang sekitar. Usulannya ada banyak, tapi ternyata suami saya gak juga menemukan yang cocok. Akhirnya ia menyetujui usulan awal saya, memilih nama Naira Saffanah untuk anak pertama kami.

Dan inilah perubahan Naira per bulan dari baru lahir hingga sekarang usia 8 bulan. Semoga ia terus tumbuh dan berkembang menjadi anak yang sehat, sholehah dan cerdas. Baik penampilan dan perangainya, seindah mutiara…

  • Naira Lahir di RS Hermina Palembang hari Senin tanggal 10 februari 2014 pukul 22.18 WIB dengan berat 3 kg dan panjang 47 cm. Nih anak baru lahir udah bau tangan, maunya digendong terus, klo ditaruh di box biasanya sebentar aja dia nangis
  • umur 1 bulan, sempat ‘failure to thrive’ alias gak bertumbuh karena berat badannya turun 300 gram di minggu pertama dan baru kembali ke berat lahir saat umurnya 1 bulan.
  • umur 2 bulan, badannya udah mulai berisi, dan udah bisa ketawa juga. Sebelumnya kalau mau lihat dia ketawa harus nunggu dia tidur dulu. Juga udah bisa ngoceh-ngoceh gak jelas.
  • umur 3 bulan, sudah mulai masukin tangan dan benda-benda lain ke mulutnya.
  • umur 4 bulan, kalau ditegakin dan kakinya menginjak lantai, dia mulai melangkah pelan-pelan. Udah bisa tengkurep juga
  • umur 5 bulan udah mulai teriak-teriak nyaring banget.
  • umur 6 bulan, baru sebentar bisa merayap dia udah ngangkat-ngangkat badan mau nyoba merangkak.
  • umur 7 bulan, baru juga lancar merangkak, tiba-tiba dia mulai merambat dan berhasil berdiri sambil berpegangan. Padahal duduknya belum mantep.
  • umur 8 bulan sudah merangkak berkeliaran ke sana-sini, duduknya mantep, dan sudah lancar berdiri sambil berpegangan– bahkan bisa berdiri dengan berpegangan satu tangan. Maunya mainin kertas, laptop, HP, kabel-kabel, keran dispenser, dan laci bajunya.

One thought on “My Shimmering Pearl

Comment

