Posted in Review

Hello Goodbye (2012)

hello goodbye
Sebenernya sih…. nonton film ini gak direncanain dari jauh-jauh hari. Pernah lihat trailernya, tapi waktu itu gak begitu pengen nonton. Tiba-tiba aja, beberapa hari lalu sekilas nonton acara Hitam Putih yang lagi bahas film ini, trus weekend ini ngelihat ada film ini tayang, jadi akhirnya pilih nonton deh. Kenapa? ya karena setting di Korea tentunya. Pengen lihat aja, katanya sinematografi film ini bagus, trus film ini sudah menjadi Official Selection Busan International Film Festival (BIFF) 2012 di Busan, Korea Selatan.

Karena lagi males pergi jauh-jauh, saya pilih nonton aja di Plaza Atrium. But Actually, ini pertama kalinya saya nonton di 21 Atrium… biasanya untuk 21 di plaza biasa-biasa saja kayak gini saya nontonnya di Plaza Blok M atau Blok M square. Dan rupanya tiket 21 sudah naik pula yah untuk yang ‘tarif bawah’ begini, Rp 35.000,-! Terakhir saya nonton kayaknya masih Rp 25.000,- atau Rp 30.000,- gitu deh. Berarti jadi gak beda jauh dong dengan ‘tarif premium’ XXI di mall-mall gede, yang tetep Rp Rp 50.000,- tarifnya (itu untuk weekend ya, karena saya nonton di hari Sabtu. Untuk weekday biasanya lebih murah dengan selisih sekitar Rp 5.000,-  s/d Rp 10.000,-).

First of all, kesan saya masuk studio 2 21 Plaza Atrium adalah…. nih bioskop landai banget ya?? saya udah pesen seat bagian belakang kok kayaknya nonton masih ngedongak gitu. Selisih tinggi antar baris kursi terlalu kecil, jadinya rawan tertutup juga sama kepala orang yang di baris depan (apalagi untuk orang yang tingginya pas-pasan kayak saya). Pas saya masuk aja ada bapak-bapak pake topi yang duduk persis di depan saya, kadang klo dia gerak jadi sedikit nutupin bagian bawah layarnya. Sebel aja klo udah gitu. Biasanya saya nyari tempat duduk lain aja yang kosong, siapa tau lebih nyaman. Eh, ternyata pas film baru mulai, tuh bapak-bapak keluar. Salah masuk studio kali ya? gak tau deh, pokoknya saya jadi bebaas… hahaha.

Now talking about the film. Ceritanya nih tentang cewek bernama Indah (Atiqah Hasiholan) yang kerja di KBRI di Busan. Dia bertugas mengurus Abimanyu alias Abi (Rio Dewanto), seorang Anak buah kapal asal Indonesia, yang mengalami sakit jantung dan harus dirawat di RS. Abi dibawa ke Busan karena terkena serangan jantung saat kapal yang ia naiki sedang berlayar di laut lepas dan Busan adalah kota pelabuhan terdekat. Awalnya mereka sering bertengkar karena sikap Abi yang kasar, tapi lama-kelamaan akhirnya jadi cinta. Dan mereka harus menghadapi perpisahaan saat Abi harus pulang ke Indonesia setelah kondisinya membaik. Intinya sih begitu….

Well… kalau menurut pendapat saya, dari segi cerita film ini biasa-biasa saja. Bahkan alurnya cenderung lambat dan sangat mungkin bikin bosan. Tapi untuk penggemar all about Korea, saya rasa akan tetap suka karena setting dan pengambilan gambar di film ini sangat bagus. Memang sih sudah biasa melihat suasana Korea di film-film Korea, tapi biasanya saya menyaksikan kehidupan  orang-orang Korea yang memang tinggal di sana. Di film ini, saya bisa melihat dari sudut pandang orang Indonesia yang tinggal di sana karena bekerja. Bagaimana sehari-hari ia tinggal di apartemen, naik kereta, belanja di warung-warung pinggir jalan, melewati toko-toko yang mewah… semua terlihat exciting buat saya. Ternyata, Indah yang sudah 1,5 tahun tinggal di Busan itu jenuh juga tinggal di negeri orang. Saya jadi berpikir, seandainya saya tinggal di luar negeri apa memang begitu ya? bukannya antusias, tapi malah stres karena jenuh dengan pekerjaan yang kadang nyebelin, dan homesick pula. Atau, pada awalnya aja antusias, lama-lama jadi jenuh juga? Ah, memang ke luar negeri itu enaknya cuma buat jalan-jalan aja. Kalau untuk tinggal lama, paling enak di kampung halaman sendiri.

BTW, waktu lihat trailer film ini, saya pikir ceritanya tentang cinta segitiga. Sebab saya lihat ada aktor asli Korea unyu-unyu gitu, mungkin dia jadi orang Korea yang suka sama si tokoh utama cewek. Eeh… gak taunya tuh cowok cuma muncul sebentaaar banget, numpang lewat doang. Dia sekilas negor Indah di jalan, trus abis itu nyanyi. Pas adegan cowok ini muncul, ada rombongan cewek-cewek abege gitu di barisan belakang pada heboh. Sampe-sampe waktu adegan dia nyanyi ada yang fotoin pake HP. Haduh, siapa ya nih cowok? aktor Korea terkenal-kah? kok saya gak tau? Hahaha…. wajar dong, saya gak pernah ngikutin dunia entertainment Korea, cuma hobi nonton beberapa filmnya aja. Belakangan baru saya tau kalau dia itu Jo Sung-hyun alias ERU, terkenal sebagai Korea’s Prince of Ballad. Aah…. K-Pop ternyata, bener-bener saya gak tau :p

Overall, film ini lumayan bagus lah… saya terhibur dengan akting yang bagus, seluruh pegawai KBRI digambarkan sangat lancar berbahasa Korea, dan terdengar memang natural gak ada yang kaku bahasanya. Satu-satunya yang menurut saya agak kaku cuma peran anak kecil yang semena-mena sama Indah (ya… wajarlah kalau anak kecil). Terus humor-humornya juga lumayan, gak ada adegan lucu yang konyol tapi humor dikemas dalam dialog-dialog yang serius. Dan yang pasti suasana kota Busan, memang digambarkan dengan baik dalam film ini.

Satu lagi, film ini termasuk agak janggal endingnya karena tergantung pilihan penonton : mau keluar studio saat lagu penutup dan nama-nama kru film ditampilkan, atau nunggu lampu studio dinyalakan😀 . Saya memang ada feeling film itu belum selesai seluruhnya karena lampu studio belum dinyalakan, tapi karena nama-nama kru film sudah ditampilkan cukup lamaa (dan mungkin pengaruh juga orang-orang sudah pada bubar :p ), akhirnya saya ikut turun. Eh, saat saya sampe di barisan depan, ternyata filmnya nyambung. Penonton lain yang belum keluar dari pintu juga pada berhenti dan duduk lagi sambil ketawa-ketawa. Yah… buat yang udah keluar studio duluan, endingnya jadi agak gantung, tapi buat yg nunggu, endingnya jadi jelas. Hahaha…. ada-ada aja.

Gambar : 21cineplex.com

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s