Posted in My Life

PRK, Go !!

Sebelum ikut terjun dalam kegiatan yang bernama Pedoman Rencana Kerja (PRK), saya cukup penasaran gimana sih PRK itu? Katanya ribet, katanya bikin capek, dan sebagainya.
Dan ternyataa…. eng ing eeng, saya pun merasakan kegiatan yang ‘menakutkan’ itu pada akhir bulan Januari lalu.

PRK adalah kegiatan antisipasi penanganan gangguan dan peningkatan kualitas penyaluran listrik dengan memperbaiki Saluran Kabel Tegangan Menengah (SKTM) yang dilaksanakan satu tahun sekali. Berdasarkan data gangguan satu tahun terakhir, didapat daftar segmen(gelaran kabel antara satu Gardu Distribusi dengan Gardu Distribusi lainnya) penyulang ( =feeder, kabel utama dari Gardu Induk menuju Gardu Hubung) yang paling sering gangguan. Nah, segmen-segmen ini biasanya masih menggunakan kabel lama yang umurnya sudah puluhan tahun. Karena itu, dalam PRK diusulkan agar kabel-kabel lama ini diganti. Selain itu juga, penyulang yang bebannya terlalu tinggi diusulkan untuk pecah beban, dalam arti penyulangnya dipotong dan bebannya dibagi ke penyulang lain yang beban eksistingnya lebih rendah.

Untuk itu, tugas kami adalah mencari di mana lokasi segmen-segmen penyulang tersebut dan mengukur panjang kabel yang akan dipasang serta jenis galian yang akan dilakukan. Ini yang ribet…. di Single Line Diagram (SLD) bentuk penyulang itu cuma garis lurus, tapi waktu dilihat di peta… alamak, meliuk-liuk kayak ular. Biasanya gelaran kabel itu mengikuti jalan raya, letaknya ada di pinggir jalan. Dan mencari posisi sesungguhnya di lokasi juga gak selalu mudah… kadang-kadang tetep nyasar dan bingung karena antara peta dan lokasi gak sinkron.
Belum lagi jarak yang ditempuh itu jauuuuuuuh banget, bisa berkilo-kilo meter. Dan cuaca jelas ikut berpengaruh… kadang panas menyengat, kadang hujan gerimis. Tapi apapun itu tetap harus dihadapi, demi keandalan jaringan listrik di masa yang akan datang.

Setelah survey tersebut, masih ada lagi RAB yang harus disusun, yang setiap poinnya harus jelas dan bisa dipertanggungjawabkan.
Hmm…. memang bener deh apa yang dibilang orang-orang sebelumnya tentang PRK. Ribetnya, capeknya…
Alhamdulillah sekarang kayaknya sudah beres untuk PRK 2011, tinggal menunggu persetujuan dari Kantor Distribusi dan pelaksanaannya.

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s