Posted in My Life

Survey is an Adventure

Sejak memasuki dunia lapangan, sepertinya jargon iklan salah satu produk susu ini cocok banget buat saya😀 . Sehari-hari saya melaksanakan survey pelanggan Tegangan Rendah berdaya besar, mulai 41,5 kVA hingga 197 kVA. Berdasarkan lembar KP Survey dari Bidang Niaga berisi permintaan Pasang Baru atau Tambah Daya dari pelanggan, dicetaklah sket lokasi pelanggan lengkap dengan nama gardu distribusi dan beban trafo distribusi yang men-supply listrik ke pelanggan tersebut. Kemudian berbekal dokumen-dokumen tersebut ditambah formulir berita acara hasil survey, petualangan pun siap dimulai.

Sket lokasi pelanggan umpamanya seperti peta harta karun, dengan alamat pelanggan dan posisi pelanggan di peta tersebut sebagai acuannya. Bedanya, kalau di peta harta karun titik yang dicari ditandai dengan tanda silang, di sini simbolnya lingkaran😀 . Dan memang kayak nyari harta karun, kadang-kadang ada lokasi yang sulit banget ketemunya. Udah liatin GPS, nanya sana-sini, tetep aja nyasar. Tapi pas ketemu, lega pastinya. Kalau sudah ketemu lokasi pelanggan, langsung dicek ID pelanggan di kWh meter cocok gak dengan yang di KP survey. Sudah cocok, tanyakan sama pelanggan nantinya kWh meter mau ditaruh di mana? posisi yang sama atau dipindahkan sesuai keinginan pelanggan (dan tugas kami menyarankan kWh meter dipindah ke lokasi yang lebih sesuai bila posisi yang sekarang tidak aman). Beres, tinggal diukur jarak dari kWh meter ke tiang terdekat untuk daya 41,5 – 53 kVA. Atau ditelusuri sampai ke gardu untuk daya 66 kVA ke atas. Dan yang paling rumit kalau akan dibangun gardu distribusi di lokasi pelanggan. Ngukurnya pake alat yang biasa disebut rol meter. Sebelum ikut survey saya gak pernah liat nih alat. Bentuknya roda bertangkai yang bisa dipanjang-pendekkan dengan penghitung putaran di sampingnya, yang menampilkan berapa meter yang sudah dilewati dengan mendorong alat tersebut. Kira-kira seperti ini deh bentuknya :

Kalau lagi dorong-dorong tuh alat, banyak juga orang yang ngeliatin dengan wajah penasaran, dan cuma beberapa yang sampe nanya : “ngapain sih mas/mbak?” ya langsung aja kami jawab, “ngukur kabel…” trus mereka balas lagi, “oo… kirain ngukur jalan” atau yang agak nyeleneh, “kirain main mobil-mobilan…” (???).
Gak sedikit juga kalo ada rombongan anak-anak yang liat, mereka manggil-manggil “Bang, Bang, pinjem dong Bang !” ditanya sama Ian “Buat apaan??” trus mereka jawab “Buat main mobil-mobilan…”
Ye… lu kate ini mainan?😀

Memang sih… kalau lagi banyak-banyaknya permintaan survey, rasanya capek + puyeng banget, belum lagi kalo banyak juga kerjaan selain urusan survey. Tapi kata orang sih pola kerja seperti ini paling enak, sebagian di lapangan dan sebagian di kantor, jadi gak cepet bosen. Kalau kata saya… ya memang enak. Hehe… ditambah suasana di kantor juga enak, Alhamdulillah I enjoy it so far. My life is an adventure🙂

Sumber gambar : google image search

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s