Posted in My Life

Antara Kantor Distribusi dan Area

Gak lama setelah menikah, masih dalam proses beradaptasi dari status lajang menjadi bersuami, saya harus bersiap untuk satu perubahan lagi, yaitu dimutasi dari Kantor Distribusi Disjaya dan Tangerang ke Area Menteng.

Kantor Distribusi merupakan Kantor Wilayah yang mengkoordinasi Area-Area di seluruh wilayah Jakarta dan Tangerang, sementara Area Menteng adalah salah satu Unit cabang dari Kantor Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang, berlokasi di Menteng Jakarta Pusat . Sebelumnya PLN Disjaya & Tangerang memiliki 6 Area Jaringan (AJ) yang terbagi lagi menjadi 35 Area Pelayanan (APL), tapi sejak November 2010, 6 AJ dan 35 APL tersebut dilebur menjadi 20 Area (Pelayanan dan Jaringan) dan 3 Area Pelayanan Prima. Area Menteng merupakan peleburan dari APL Menteng dan APL Grogol, sehingga wilayah pelayanannya meliputi wilayah Menteng dan Grogol.

Awal bulan Oktober lalu memang saat peralihan, dan saya termasuk salah satu SDM yang mengalami mutasi dalam reorganisasi tersebut.

Lalu tidak hanya pindah dari Kantor Distribusi ke Area, jabatan saya juga berubah dari Asisten Engineer Efisiensi Sistem Distribusi di Bagian Efisiensi dan Keandalan Sistem Distribusi menjadi Asisten Engineer Perencanaan Sistem Distribusi di Bidang Perencanaan.

Dan suasana kerja saya pun berubah hampir 180 derajat. Sebelumnya saya menempati gedung berlantai 10 dan berada di lantai 5 dengan ruangan yang luas berbaur dengan pegawai-pegawai dari bagian lain, AC dingin banget sampai-sampai saya hampir gak pernah lepas jaket, dan ada TV. Kini saya menempati gedung berlantai 2 dan ruangan saya di lantai 1 yang keadaannya kayak basement, 1 ruangan untuk 1 bidang Perencanaan saja, AC-nya hampir gak berasa, dan jangankan mau ada TV, telpon saja cuma ada satu baru dikasih awal bulan Desember ini.

Sebelumnya saya standby di kantor bikin laporan, kalaupun keluar biasanya untuk rapat dan masih dalam ruangan juga. Sekarang saya hampir setiap hari keluar kantor survey ke lokasi pelanggan yang mau pasang baru atau tambah daya untuk 41,5 kVA s/d 197 kVA.

Sebelumnya saya sibuk cuma di awal sampai pertengahan bulan saat bikin laporan, sekarang setiap hari selalu ada survey lokasi atau bikin analisa sistem dan Rancangan Anggaran Biaya karena bisa setiap hari ada pelanggan yang mau tambah daya atau pasang baru.

Satu lagi, sebelumnya saya bisa seharian online di kantor dengan sinyal smart yang cukup kencang, sekarang jangankan sinyal smart untuk modem, sinyal HP aja ilang-ilangan… T_T

Tapi, setidaknya karena kedua gedung itu (Kantor Distribusi dan Area Menteng) berada di dalam satu komplek yang sama, jadi saya gak perlu pindah tempat tinggal. Kos saya masih bisa tetep di kwitang🙂

Hanya saja, saya cukup kewalahan dengan tumpukan map data pelanggan yang harus disurvey. Kalau survey dari pagi sampe sore, terasa banget capeknya pas sudah pulang ke kos karena seharian di jalan…

Ket : Gedung Kantor Distribusi yang besar di belakang, Area Menteng yang model antik di depannya (Gambar diambil dari metro.vivanews.com)

P.S :
Denger-denger, tugas bidang Perencanaan di Area bukan cuma sebatas survey… masih ada PRK (Program Rencana Kerja) yang juga disusun oleh bidang ini. Dan tugas survey yang sedang saya jalani ini masih kecil dibandingin nyusun PRK nanti..! :-S

Comment

