Posted in Science

Programmable Logic Controller

Kontrol automatik telah menjadi bagian yang penting dan terpadu dari proses-proses dalam pabrik dan industri modern. Karena kemajuan dalam teori dan praktek, kontrol automatik memberikan kemudahan dalam mendapatkan performansi dari sistem dinamik, mempertinggi kualitas dan menurunkan biaya produksi, mempertinggi laju produksi, meniadakan pekerjaan-pekerjaan rutin dan membosankan yang harus dilakukan manusia, dan sebagainya.
Plant yaitu seperangkat peralatan yang terdiri dari beberapa bagian mesin yang bekerja bersama-sama untuk melakukan suatu operasi tertentu, yang semakin modern dengan multi-masukan dan multi-keluaran menuntut dikembangkannya teori kontrol modern untuk mengatasi bertambah kompleksnya plant modern tersebut. Dengan adanya komputer yang dapat digunakan pada perhitungan-perhitungan yang kompleks, maka penggunaan komputer dalam desain sistem kontrol dan penggunaan komputer yang dipasang langsung pada sistem kontrol sekarang menjadi praktis dan umum.

Programmable Logic Controller (PLC) adalah suatu alat berbasis mikroprosesor menggunakan memori yang dapat diprogram untuk menyimpan perintah dalam mengontrol mesin-mesin dan proses, serta didesain untuk dapat digunakan oleh engineer yang mungkin memiliki pengetahuan terbatas tentang komputer dan bahasa pemprograman. Berbeda dengan komputer untuk keperluan umum, PLC lebih tahan terhadap temperatur, kondisi lingkungan, gangguan elektris, serta goncangan dan tumbukan, sehingga cocok digunakan untuk keperluan industri. PLC jelas memiliki banyak kelebihan dibandingkan rangkaian relai konvensional antara lain lebih fleksibel, lebih ekonomis, jauh lebih sedikit menggunakan kabel dan peralatan relai konvensional, konsumsi daya lebih rendah, serta pendeteksian kesalahan lebih mudah dan cepat.
Istilah logic digunakan karena pemprograman secara pokok mengacu pada penerapan operasi logika dan switching. Sebagai contoh bila A atau B menyalakan C, sedangkan A dan B menyalakan D. Peralatan input (misalnya tombol) dan peralatan output dalam sistem yang dikontrol (misalnya motor) dihubungkan ke PLC. Operator kemudian memasukkan urutan perintah (program) dalam memori PLC. Lalu PLC mengamati input dan output berdasarkan program dan melaksanakan pengaturan sesuai program tersebut.

PLC pertama dikembangkan pada tahun 1969. sekarang PLC telah digunakan secara luas dan berkembang dari unit kecil untuk penggunaan sekitar 20 input/output digital menjadi sistem modular yang dapat digunakan untuk input/output dalam jumlah besar, mampu menangani input/output digital dan analog, juga menerapkan kontrol proportional-integral-derivative (PID). Kemampuan komunikasi PLC yang memungkinkan hubungan antara PLC satu sama lain dan komputer, muncul pada tahun 1973 dan terus mengalami modernisasi. Usaha untuk menstandardisasi komunikasi PLC dimulai pada tahun 1980-an, dan IEC (International Electrotechnical Commission) telah mengeluarkan standar internasional di mana PLC dapat diprogram dalam ladder diagram, function block, sequential function chart, instruction list, dan structured text pada saat yang bersamaan.

Nah, dalam Tugas Akhir saya, PLC yang digunakan adalah PLC Wago dengan fieldbus controller 750-842, modul Digital Input 750-402, Digital Output 750-504, Analog Input 750-455, dan Analog Output 750-555. Software yang digunakan adalah CoDeSys yang berstandar IEC 61131-3. Dan plant yang dikontrol yaitu sistem pengaturan arah gerak dan kecepatan motor induksi tiga fasa menggunakan Variable Speed Drive (VFD).

Referensi:
Sistem Kontrol Automatik oleh Katsuhiko Ogata
Programmable Logic Controllers oleh W.Bolton
Programmable Logic Controller (PLC) dan Teknik Perancangan Sistem Kontrol oleh Iwan Setiawan

14 thoughts on “Programmable Logic Controller

  1. wahh senengnya ada juga yg berkecimpung di logic contrler. karena bidang kerja sy sekarang juga embeded softw, controller, dan sejenisnya… kali aja bisa sharing ilmu yakkk

  2. @ Wahyu :
    Huehe… sebenernya sih saya gak jago ngitung-ngitung, cuma lebih terbiasa aja dgn logic sejak belajar PLC.
    Alatnya pake alat di Lab, lagian cuma dirangkai aja, bukan yang mesti dipotong-sambung gitu…

    @ Au :
    yang waktu itu kan baru sekilas au, ini cicilan penjelasan lebih lanjut soal TA nadi :>

    @ Awank :
    sharing about controller?? Itu yg saya tunggu …πŸ™‚

    @ andaluzzia :
    Wei… jangan salah zul, dulu nadi malah jarang posting soal animanga, baru sejak pindah ke WP blog nadi jadi dominan animanga gini

    @ jafis :
    waks… apa gelap identik dgn sangar?
    sebenernya cuma pengen ganti suasana aja sih… sebelum ini gak pernah nyoba pake themes yg gelap. Nanti juga ganti lagi ^_^

  3. kalau boleh ikutan , kebetulan saya juga lagi belajar program PLC pake IEC 61131-3, kebetulan ditempat saya pakai PLC keluaran YOKOGAWA Type Stardom FCN, yang programer nya pake LOGIC DESIGNER bawaan PLC nya, masalahnya sitem ditempat saya online ( digunakan pada SCADA system pengukuran Gas Alam ) jadi ngak bisa praktek lansung Download ke PLC, apa punya saran PLC apa aja yang support IEC 61131-3 tsb ? klu ada dipasaran dengan harga terjangkau ada ngak ?

  4. Selain yang saya pake yaitu PLC Wago dengan software CoDeSys, yang saya tau cuma PLC Nais seri FPO-C16T dengan software FPWIN Pro 4.0 (kebetulan aja pernah browsing n dapet makalah tentang implementasi IEC 61131-3 yg pake PLC jenis ini). Yang lainnya saya belum tau… begitu juga soal harga, saya rasa lebih jelas nanya ke vendornya langsung

  5. wah kayaknya ada juga yg senasib seneng sama plc n sama lagi pake wago, tapi saya masih dalam taraf belajar plc wagonya, awalnya pake omron sekarang wago. moga2 bisa digunain tuk tugas akhir

    salam kenal

  6. Saya sangat tertarik belahar PLC. Saya gak terlalu bermasalh kalo menggunakan I/O digital pada PLC. Cuma kalo I/O Analog belum mahirr… Mbak nadia ajarin donk..

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s