Posted in My Life

Keep on Fighting…!

Waktu terus bergulir, … gak terasa sekarang sudah hampir bulan Desember, dan my TA belum selesai juga…
Sekitar tiga minggu yang lalu terjadi sedikit perubahan tentang apa yang harus saya tulis dalam TA. Semula lebih difokuskan pada PLC dan Codesys, sekarang seluruhnya tentang PLC,Codesys,inverter, dan motor AC (dalam hal ini digunakan jenis motor induksi) harus dibahas secara berimbang.


Dengan demikian, selain tentang PLC dan program Codesys saya juga harus belajar lagi materi kuliah Mesin-Mesin Listrik dan Elektronika Daya yang jadi sumbernya. Tentang gimana inverter bisa mengatur kecepatan motor induksi dengan mengubah-ubah frekuensinya.
Setelah mengeksplorasi perpustakaan Unsri dan saya dapat buku yang cocok semuanya berbahasa inggris (lumayan bikin puyeng :p ), akhirnya hari Jum’at dua minggu lalu di Perpustakaan Daerah (Perpusda) saya temukan buku-buku berbahasa Indonesia yang cocok banget. Ada dua buku tentang motor, salah satunya khusus motor arus bolak-balik, serta satu buku gabungan Dasar Tenaga Listrik (yang biasanya membahas tentang alat konversi energi yaitu generator, transformator dan motor) dan Elektronika Daya. Tapi masalahnya… saya gak punya kartu anggota Perpusda. Awalnya sih mau dicatet aja kalo ketemu buku dengan bahasan yang cocok, tapi kalo sebanyak itu bahannya… mana kuat?! Rada nyesel juga kenapa ya gak dari dulu daftar jadi anggota Perpusda (setidaknya sebelum mulai nyusun TA yang pastinya butuh banyak buku)? Padahal bukunya lumayan lengkap. Habis… setahu saya ngurusnya ribet sih, pake surat dengan tandatangan Ketua RT segala. Ya sudah, karena perlu sama tuh buku-buku, saya harus daftar. Dilihat-lihat pengumuman tentang cara daftar, kayaknya gak ada lagi tuh yg bikin ribet… tapi ternyata belum bisa juga daftar coz saya gak bawa foto dan fotokopi KTP yang jadi syarat pendaftarannya. Akhirnya terpaksalah pulang dengan tangan kosong.
Besoknya hari Sabtu saya gak sempet ke sana, baru bisa ke sana lagi hari Senin. Tentu saja saya gak lupa bawa foto dan fotokopi KTP… dan ternyata, ngurus pendaftarannya bener-bener gampang! Sebentar aja kartunya udah jadi dan udah boleh minjem (If only I knew it earlier…). Lalu dengan semangat 45 saya masuk dan mencari buku-buku yang kemarin. And guess what?? Bukunya gak ada! Tiga-tiganya gak ada, padahal udah saya telusuri bener-bener rak kumpulan buku untuk bidang Teknik. Sepertinya duluan dipinjem sama orang lain… Apa boleh buat, saya pinjem buku lain aja dulu yg masih berhubungan sedikit.
Dan Jum’at minggu lalu saya sudah ketemu lagi dua buku yang tentang motor, jadi sudah bisa ngetik dari bahan tersebut. Tapi buku yang satunya lagi, sampai hari ini masih belum ketemu juga… berarti belum dibalikin.

Begitulah, perjuangan ini masih terus berlanjut… setelah teori dan program disusun tentunya akan direalisasikan dulu pada alat. Kalau sudah beres semua, baru bisa diujikan. Semoga mulai sekarang semuanya berjalan lancar…

6 thoughts on “Keep on Fighting…!

  1. Terusla bejuang Nad ye. Biar pontang panting dak apo apo. Bole jugo embek semangat laskar Pelangi. Tapi kalu sibuk jangan lupo makan, gek masok angin !

Comment

