Posted in My Life

PLC… CoDeSys… Inverter… Motor AC

Programmable Logic Controller (PLC) adalah sebuah alat yang digunakan untuk menggantikan rangkaian sederetan relai yang dijumpai pada sistem kontrol proses konvensional. PLC bekerja dengan cara mengamati masukan melalui sensor-sensor terkait, kemudian melakukan proses dan melakukan tindakan sesuai yang dibutuhkan, berupa menghidupkan atau mematikan keluarannya. Pengguna membuat program yang kemudian harus dijalankan oleh PLC yang bersangkutan. Dengan kata lain, PLC menentukan aksi apa yang harus dilakukan pada instrumen keluaran berkaitan dengan status suatu ukuran atau besaran yang diamati. PLC banyak digunakan pada aplikasi-aplikasi industri, misalnya pada proses pengepakan, penanganan bahan, dan perakitan otomatis. Hampir semua aplikasi yang memerlukan kontrol listrik atau elektronik membutuhkan PLC.


CoDeSys (Controlled Development System) ialah software dengan pengembangan lingkungan kerja yang lengkap untuk PLC. Penggunaan fungsi editor dan debugging dari program ini berdasarkan pengembangan yang telah teruji dari bahasa pemrograman tingkat tinggi (seperti Visual C++).

Inverter secara umum adalah rangkaian elektronik yang mengubah arus searah (DC) menjadi arus bolak-balik (AC). Digunakan dalam aplikasi yang sangat luas, dari switching power supply pada komputer yang kecil sampai aplikasi peralatan listrik yang mendistribusikan daya besar. Salah satu aplikasinya yaitu sebagai pengatur kecepatan motor AC.

Motor AC ialah motor listrik yang digerakkan oleh arus AC. Terdiri atas dua bagian utama, yaitu stator di bagian luar memiliki koil yang di-supply dengan arus AC untuk menghasilkan medan magnet putar, dan rotor di bagian dalam dipasang pada tangkai output yang diberi torsi oleh medan putar.

…Trus, apa hubungannya sama aku?? bisa dibilang masa depanku saat ini tergantung pada empat hal di atas. Sebisa mungkin aku harus nguasai semua(terutama CoDeSys yang bakal mendominasi), demi selesainya skripsiku.
<Dan empat kata itu terus menari-nari dalam kepala…>

29 thoughts on “PLC… CoDeSys… Inverter… Motor AC

  1. mo nanya nih. program ladder dengan fungsi apa agar dapat merubah frekuensi inverter 3g3mv melalui kabel serial rs 232c dan data memory.

  2. wah, itu tergantung program dan jenis PLCnya…
    Kalau saya pake CoDeSys v2.3 yg berstandar IEC 61131-3, bisa menggabungkan beberapa bahasa pemrograman dalam satu project. Untuk mengendalikan inverter perlu function block diagram yg mengubah nilai frekuensi jadi nilai WORD (tipe data) yg bs dibaca Analog Output, dan ladder diagram untuk mengatur penyalaan motor dgn frekuensi yg kita tentukan.

  3. Bgaimana cara belajar membuat plc yang sederhana tolong kirim kan ke email saya cara nya.
    Sukses selalu ya.

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s