Posted in Puzzles

Teka-Teki Masa Lalu

“Taruhan nih… kalo kalian bisa mecahin kasusnya, kami traktir bakso. Tapi kalo nggak, kalian yang traktir kami. Berani, gak?” tantang cowok tinggi berkacamata pentolan sebuah kelompok (maniak cerita) detektif SMU itu dengan senyumnya. Senyum yang yakin menang, seolah mengejek. “Huh, emang serumit apa kasusnya?? Jangan anggap remeh aku dan Chmi’!” batinku gak mau kalah. “Oke, deal!” Jawabku yakin, setelah dapat persetujuan dari Chmi’, teman sebangkuku yang juga doyan cerita misteri. SPY namanya, akronim dari Sindikat Penyelidik, kelompok detektif beranggotakan 4 orang cowok kelas 1.1 Smunsapal yang duduk di bangku bagian belakang, agak dekat dengan aku dan Chmi’. Aku dan Chmi’ menantang mereka dengan kasus dan sandi buatan kami, begitu pula mereka menantang kami dengan kasus dan sandi buatan mereka. Akhirnya, untuk satu kasus yang disodorkan pada kami dengan taruhan itu, aku dan Chmi’ yang kalah.
Hmm… waktu itu aku gak mikirin soal apa hukumnya taruhan (seandainya sekarang ditantang dengan taruhan begitu, kayaknya aku gak bakalan mau… ). Lagian… menurutku gak ada salahnya nraktir temen, anggap aja ngasih hadiah karena keberhasilan mereka bikin kasus yang gak bisa kami pecahkan. Aku cuma ngerasain how fun punya temen-temen dengan hobi yang sama. Tentu saja awal mula dari itu semua adalah kegandrungan kami dengan komik Detektif Conan sejak SMP.
Actually, I miss that play… sebab gak pernah kutemui lagi sejak lewat kelas 1 SMU. Paling-paling yang menantang tuh teka-teki di game Wild Arms 2. Gila… tuh RPG bener-bener bikin keriting. Cukup banyak perlu muter otak dan melatih kesabaran… juga maksa aku buka kamus gara-gara banyak kalimat yang sama sekali gak kumengerti, dan gak akan bisa jalan kalo gak ngerti. Sampe Mimin yang lihat aku melototin layar dengan kening berkerut atau kadang menggerutu sendiri di depan PS itu jadi heran, udah tau susah kenapa masih dimainin?? Hehe… justru itulah serunya. The most dazzling RPG I’ve ever found. Kira-kira, Wild Arms selanjutnya lebih seru gak ya? aku gak tau soalnya gak pernah nyentuh PS 2🙂. Saking kangennya sama permainan ini, pernah waktu lagi ngenet bareng Ketty trus ada orang yang chatting ngetik huruf-huruf gak beraturan aku ngira itu sandi. “Aduh, Nadi’… tuh orang cuma sembarangan aja ngetik, kali…” kata Ketty, dan ternyata emang bener… aku aja yang terlalu semangat😀.
So, sekadar bernostalgila, aku bikin sandi dengan formula semacam yang dulu aku bikin. Buat anggota Spy yang juga senang berkelana di dunia maya… silakan pecahkan, kalo mau… ^_^. Buat yang lain juga, kalo tertarik untuk mencoba… aku tunggu jawabannya.

“Zh grq’w qhhg dqo uhdvrq wr khbs shrsbh”
(formula : S/2 ; x – 3)

“7-19-22-9-22 18-8 26-15-4-26-2-8 12-13-15-2 12-13-22 7-9-6-7-19”
(formula : #x ; A = Z )

3 thoughts on “Teka-Teki Masa Lalu

Comment

